TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA, BLOG INI HANYALAH KUMPULAN INFORMASI INFORMASI YANG BERASAL DARI BERBAGAI SUMBER



Rabu, 24 Maret 2010

Tipe-tipe Mahasiswa 2

Terinspirasi dari pembicaraan kemaren sore, saya teringat dengan sebuah pernyataan yang disampaikan dosen saya sewaktu saya kuliah dulu, ketika beliau ditanyakan mengenai tipe-tipe mahasiswa. Menurut beliau, ada empat tipe mahasiswa yaitu sebagai berikut:
  • Study-Oriented: Mahasiswa tipe seperti ini lebih banyak meluangkan waktunya untuk belajar. Datang ke kampus hanya untuk belajar, begitu selesai kuliah, segera pulang. Sampai rumah belajar lagi. Hanya tiga kegiatan yang sering dilakukannya, belajar, belajar, dan belajar.
  • Business-Oriented: Mahasiswa tipe seperti ini lebih banyak meluangkan waktunya untuk mencari uang. Datang ke kampus hanya memenuhi kewajiban kehadiran, kalau dosen tidak strict, dia hampir pasti tidak akan ditemukan di ruang kelas dosen ybs karena sudah melanglang buana mencari uang. Baik buat usaha kecil-kecilan, ngajar les private, dll.
  • Organization-Oriented: Ruang Senat Mahasiswa, atau Ruang Himpunan Mahasiswa, atau ruang-ruang organisasi adalah tempat dimana mahasiswa tipe seperti ini berada. Hampir semua waktunya diluangkan untuk kegiatan berorganisasi. Rapat, mengadakan seminar, rapat lagi, dialog, dll adalah bentuk-bentuk kegiatan yang sering dilakukannya.
  • Fun-Oriented: Jangan sampai kuliah mengganggu jam bermain, kira-kira begitulah motto mahasiswa dengan tipe serperti ini. Sehari-hari jarang terlihat di kampus, kalaupun ada di kampus, tidak pernah terlihat sedang membawa buku. Seringkali juga terlihat asik berdiskusi, yang ternyata apabila disimak sedang mendiskusikan trik bermain game yang terbaru. Hanya sebentar dalam keseluruhan waktu di kampus mahasiswa tipe seperti ini terlihat serius, yaitu pada saat-saat ujian.
Pada tiap-tiap kampus, biasanya keempat tipe mahasiswa di atas ada, hanya komposisinya saja yang berbeda.
Tipe mahasiswa yang manakah anda (dulunya)?


0 komentar:

Posting Komentar

A CYBER LIFESTYLE © 2008 Template by:
Azay Steven