proses perangkat lunak telah menjadi perhatian yang serius selama dekade terakhir. tetapi apakah sebenarnya proses perangkat lunak itu? di dalam konteks artikel ini, kita mendefinisikan proses perangkat lunak sebagai sebuah kerangka kerja untuk tugas-tugas yang di butuhkan untuk membangun perangkat lunak degan kualitas tinggi. apakah kata proses tersebut sinonim dengan pengembangan perangkat lunak juga meliputi teknologi yang mempopulasikan proses, metode, teknis, serta alat-alat otomatis.
Rekayasa perangkat lunak adalah pengembagan dan penggunaan prinsip pengembangan suara untu memperoleh perangkat lunak secara ekonomis yang reliabel dan bekerja secara efisien.
usaha yang berhubungan dengan perangkat lunak dapa di kategorikan ke dalam tiga fase umum dengan tanpa mempedulikan area aplikasi, ukuran proyek, atau kompleksitasnya. masing-masing fase akan memberi pertanyaan-pertanyaan.
Fase Definisi (definition phase) berfokus pada apa (what); dimana, pada definisi ini pengembang perangat lunak harus mengindentifikasi informasi apa yang akan doproses, fungsi dan unjuk kerja apa yang di butuhkan, tingkah laku sistem seperti apa yang diharapkan, interfase apa yang dibangun, batasan desain apa yang ada, dan kriteria validasi apa yang dibutuhkan untuk mendefinisikan sistem yang sukses.
Fase Pengembangan (development phase) berfookus pada how (bagaimana), yaitu dimana selama masa pengembangan perangkat lunak, teknisi harus mendefinisikan bagaimana data di konstruksikan, bagaimana fungsi-fungsi di implementasikan sebagai sebuah arsitektur perangkat lunak, bagaimana detail prosedur akan di implementasikan , bagaimana interface ditandai (dikarakterisasi), bagaimana rancangan akan di terjemahkan kedalam bahasa pemrograman (atau bahasa non prosedural), serta bagaimana pengujian dilakukan.
Fase Pemeliharaan (maintenance phase) berfokus pada perubahan (change) yang di hubungkan dengan koreksi kesalahan, penyesuaian yang di butuhkan ketika lingkunga perangkat lunak berkembang, serta perubahan sehubngan dengan yang disebabkan oleh perubahan kebutuhan pelanggan.
0 komentar:
Posting Komentar